Sekilas Terkait Banjir Jakarta 2014

Banjir Jakarta 2013-Banjir Jakarta 2014 bisa dikatakan bencana alam yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada bulan Januari 2014 yang menyebabkan Jakarta dinyatakan dalam keadaan darurat. Ini sebenarnya sudah dimulai sejak Akhir November 2013, dan baru mencapai puncaknya pada Januari 2014 ini bisa kita saksikan melalui berita televisi .Jakarta Flood 2013

Penyebab Banjir Jakarta 2014

1. Curah hujan
Sampai saat ini , Jakarta tercatat mencapai rekor curah hujan hingga 250-300mm, melebihi kondisi Banjir Jakarta tahun sebelumnya yakni di tahun 2002 yang mencapai 200mm, namun masih di bawah kondisi Banjir Jakarta 2007 yang mencapai 340mm.

banjir jakarta

banjir jakarta 2013


Gambar Banjir Jakarta 2013Menurut Kepala BPPT, Tri Handoko Seto, bahwa gelombang atmosfer, angin muson, dan osilasi diurnal menyebabkan tingginya curah hujan ini. Massa udara dari laut China selatan dan India bergerak ke selatan menuju pusat tekanan rendah di Australia. Massa udara ini kemudian mengalami pembelokan di sekitar Jakarta, akibat tekanan rendah di Samudera Indonesia, di sebelah barat daya Jakarta.

kenapa banjir

penyebab banjir di jakarta

2. Kerusakan tanggul
Sejak akhir tahun, telah banyak kerusakan tanggul, dimulai dari tanggul di Kali Adem, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, pada tanggal 13 Desember 2012. Kerusakan tanggul ini menyebabkan 500 rumah warga terendam air laut, serta dua warga hanyut. Akhirnya ratusan gubuk liar dibongkar untuk mempermudah masuknya alat berat guna memperbaiki tanggul. Lurah Pluit menjelaskan hempasan air laut pasang yang menggerus tanggul yang menyebabkan kerusakan ini.

Musibah kembali menyusul pada tanggal 20 Desember 2012, dengan jebolnya tanggul di Kali Cipinang. Akibatnya 979 warga terpaksa mengungsi ke GOR Makassar serta Jalan Pusdiklat Depnaker dan Jalan Masjid Suprapto tergenang, menutupi akses warga Pinang Ranti menuju Halim. Diketahui buruknya konstruksi tanggul yang tidak menggunakan rangka menyebabkan rusaknya tanggul ini. Kerusakan tanggul-tanggul ini maka akan mengakibatkan kebanjiran sebab air akan genang dan tidak lagi tertampung secara maksimal .
3. Sampah Yang Bertunpuk
Bertumpuknya sampah pada saluran air, sehingga terjadi penyumbatan pada saluran air.

4. Penghijauan
Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan penanaman kembali pada daerah / hutan hutan yang baru di tebangi.

Tidak adanya lagi tanah resapan untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun. tidak ada lagi lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah. akibatnya, ketika hujan tiba, tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. dan masih banyak lagi penyebab-penyebab banjir yang lainya.

dampak banjir jakarta

dampak banjir jakarta 2013

Dampak Banjir jakarta  2014
Dampak banjir jakarta ini sangta banyak diataranya : aktivitas warga jakarta terganggu , anak sekolah  tidak nyaman , perkantoran tidak setabil , pembelian dan penjual menurun , terjebak macet , penyakit , penerangan  dsb ...